Selasa, 12 April 2011

MENGELOLA WAKTU DENGAN BAIK

Mengatur waktu serta menyusun rencana yang efektif ternyata nggak semudah yang kita pikirkan. Mungkin jauh-jauh hari kita telah merencanakan waktu melakukan sederetan aktifitas, namun ternyata nggak sesuai dengan yang kita harapkan. Yop, itu dia pentingnya mengelola waktu dengan tepat!
Mengelola waktu memang masalah klasik dihadapi oleh siapapun yang ingin selalu lebih produktif, efektif, sekaligus efisien. Kesuksesanpun nggak pernah mengabaikan dimensi waktu. Dengan kata lain waktu menjadi salah satu parameter kesuksesan atau nilai dari sesuatu. Untuk itu kita perlu belajar bagaimana mengatur waktu serta menyusun rencana agar dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
Hal pertama yang dapat kita lakukan adalah memulai dengan mengidentifikasi bagaimana kita menghabiskan waktu sepanjang hari. Jika banyak yang terbuang sia-sia, aturlah kembali aktivitas kita untuk dapat melakukan yang lebih maksimal dalam setiap menitnya. Setelah itu mari ikuti langkah dibawah ini :
  1. Susunlah rencana aktifitas yang harus Anda lakukan berikut prioritas tujuan utama. Pilih aktifitas dari yang terpenting sampai yang kurang penting. Anda dapat menggunakan notes untuk membantu mengingatkan Anda.
  2. Perkirakan berapa banyak waktu yang akan tersita untuk dapat menyelesaikan setiap aktifitas. Hal yang nggak boleh dilupakan adalah menjadwalkan waktu istirahat atau bersantai. Kurang istirahat dapat membuat tujuan Anda menjadi kurang optimal.
  3. Cobalah untuk mendelegasikan beberapa tugas kepada orang lain yang bisa mengerjakannya. Dengan begitu Anda akan dapat mengerjakan tugas dengan maksimal. Jangan lupa tulis nama-nama mereka disetiap tugas yang akan Anda delegasikan.
  4. Prioritaskan tugas-tugas Anda dengan menempatkannya dalam urutan terpenting. Jika Anda mengalami kesulitan menentukan apa yang paling penting, tanyakan pada diri Anda, apa yang perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar saya? Apakah saya memiliki tenggat waktu? Jika sudah demikian, menentukan prioritas menjadi lebih mudah.
  5. Ingat jangan pernah menunda waktu atau rencana Anda karena kebiasaan menunda bak monster pelahap waktu dalam diri sendiri. Bila Anda nggak mulai belajar komit dan melatihnya, dipastikan Anda akan selalu berada pada situasi kritis, melakukan pekerjaan terburu-buru karena desakan waktu, nggak dapat fokus dan maksimal mengerjakannya. Bahkan Anda dapat mengalami stress.
  6. Yang terpenting, berpegang teguhlah pada rencana Anda. Jadwal yang Anda buat dapat terlaksana dengan benar hanya jika Anda komit dengan hal itu. Jangan sekali-kali mengacuhkan jadwal itu atau menggantinya. Namun jika ada kegiatan yang sangat penting, maka Anda boleh tiba-tiba mencantumkannya untuk mengganti kegiatan yang kurang penting dan masih bisa ditunda.
Jangan sampai kita membiarkan waktu berlalu begitu saja tanpa hasil karya apapun karena waktu tidak akan dapat diputar kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar